
P5P2RA MTs SUNAN AMPEL PARE "HIDUP BERKELANJUTAN"
Uraian Hasil Kegiatan P5RA MTs Sunan Ampel Pare: Tema "Hidup Berkelanjutan"
Pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5RA) MTs Sunan Ampel Pare dengan tema "Hidup Berkelanjutan", peserta didik kelas VII dan VIII berpartisipasi dalam proyek kreatif yang memanfaatkan limbah botol plastik untuk menghasilkan berbagai karya bernilai guna. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan melalui daur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai.
Kegiatan ini meliputi:
- Workshop Daur Ulang dan Pengenalan Konsep Hidup Berkelanjutan
Setelah bahan baku terkumpul, peserta didik mengikuti workshop yang dipandu oleh guru pembimbing dan tim kreatif dari madrasah. Pada sesi ini, mereka diberi pemahaman tentang konsep hidup berkelanjutan, termasuk bagaimana daur ulang dapat membantu mengurangi polusi plastik serta melindungi ekosistem lingkungan. Siswa juga diajarkan berbagai teknik kreatif untuk mengubah botol plastik bekas menjadi produk-produk baru yang bermanfaat.
- Pengumpulan Bahan Baku (Botol Plastik Bekas)
Tahap pertama dari kegiatan ini adalah pengumpulan botol plastik bekas dari lingkungan madrasah dan rumah siswa. Sebelum kegiatan berlangsung, peserta didik diajak untuk melakukan kampanye kecil tentang pentingnya mengurangi sampah plastik dengan cara memanfaatkan botol plastik bekas yang bisa diubah menjadi produk bernilai guna. Botol-botol plastik ini dikumpulkan selama dua minggu sebelum kegiatan dimulai.
- Workshop Daur Ulang dan Pengenalan Konsep Hidup Berkelanjutan
Setelah bahan baku terkumpul, peserta didik mengikuti workshop yang dipandu oleh guru pembimbing dan tim kreatif dari madrasah. Pada sesi ini, mereka diberi pemahaman tentang konsep hidup berkelanjutan, termasuk bagaimana daur ulang dapat membantu mengurangi polusi plastik serta melindungi ekosistem lingkungan. Siswa juga diajarkan berbagai teknik kreatif untuk mengubah botol plastik bekas menjadi produk-produk baru yang bermanfaat.
- Proses Kreatif dan Hasil Karya
Setelah mendapatkan pemahaman dan teknik dasar, siswa mulai bekerja dalam kelompok untuk mengubah botol plastik bekas menjadi beragam produk. Beberapa hasil karya yang dihasilkan dalam kegiatan ini meliputi:
- Pot Tanaman dari Botol Plastik:
Siswa memotong botol plastik dan menghiasnya untuk dijadikan pot tanaman hias kecil. Pot-pot ini kemudian digunakan di halaman madrasah untuk program penghijauan mini.
- Tempat Alat Tulis:
Botol-botol plastik juga diubah menjadi tempat alat tulis yang fungsional. Siswa melukis dan menghias botol-botol tersebut sehingga menjadi barang yang estetis dan dapat digunakan di meja belajar.
- Kerajinan Tangan:
Beberapa kelompok siswa membuat hiasan dinding dari potongan-potongan botol plastik yang dibentuk menjadi bunga, kupu-kupu, alat transportasi atau pola-pola abstrak. Hiasan-hiasan ini dipajang di ruang kelas sebagai bagian dari kampanye kesadaran lingkungan.
- Penilaian, Penutupan dan Komitmen Berkelanjutan
Kegiatan ini diakhiri dengan Penilaian hasil karya kegiatan dan pernyataan komitmen dari para siswa untuk terus menerapkan gaya hidup berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, memanfaatkan kembali barang-barang bekas, hingga mendukung program-program lingkungan di madrasah dan di rumah. Sebagai tindak lanjut, pihak madrasah juga berencana untuk mengadakan lebih banyak kegiatan serupa dalam upaya membentuk generasi yang peduli lingkungan dan berwawasan global.
Kegiatan P5RA ini berhasil memberikan dampak positif kepada siswa, baik dari segi kreativitas, kesadaran lingkungan, maupun keterampilan dalam memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAKANAN BERGIZI GRATIS (MBG) MTs SUNAN AMPEL PARE
Makanan Bergizi Gratis Di MTs Sunan Ampel Pare Sebuah inisiatif nyata dari Pemerintah Indonesia berupa Program Makanan Bergizi Gratis (MBG) di Sekolah dan Madrasah dengan tujuan untuk
RESMI DI BUKA!! SISTEM PENERIMAAN MURID BARU TAHUN PELAJARAN 2025/2026
RESMI DI BUKA!! SISTEM PENERIMAAN MURID BARU TAHUN PELAJARAN 2025/2026 YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM SUNAN AMPEL AL-MUHSINI SEMANDING TERTEK PARE KEDIRI
PARTISIPASI MTs SUNAN AMPEL PARE PADA PORSENI TINGKAT KAB. KEDIRI 2025
Pada tanggal 21 hingga 22 Januari 2025, MTs Sunan Ampel Pare turut berpartisipasi dalam ajang Porseni 2025 tingkat Kabupaten Kediri yang berlangsung di MTsN 2 Kediri. Keikutsert
PENERBITAN MAJALAH SISWA AR ROHMAN EDISI KE-XIII MTs SUNAN AMPEL PARE
Telah Terbit Majalah Siswa Ar-Rohman Edisi XIII MTs Sunan Ampel Pare Dengan penuh semangat dan dedikasi, kami mengumumkan bahwa Majalah Siswa Ar-Rohman Edisi XIII telah terbit!
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) KELAS 9 BERBASIS CBT MTs SUNAN AMPEL PARE
NARASI PENYELENGGARAAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS 9 MTS SUNAN AMPEL PARE PENGUJIAN MENGGUNAKAN CBT Pada bulan November 2024, MTs Sunan Ampel Pare mengadakan Penilaian Akhir Semeste
PERINGATAN HARI GURU NASIONAL MTs SUNAN AMPEL PARE
Hari Guru di MTs Sunan Ampel Pare: Menghargai Peran Pendidik dalam Membangun Generasi Masa Depan Hari Guru adalah momen penting yang dirayakan setiap tanggal 25 November di Indonesia,
UPACARA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2024
UPACARA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2024 “TELADANI PAHLAWANMU, CINTAI NEGERIMU” Hari Pahlawan yang diperingati setiap tahun pada 10 November memberikan kesan bahwa bangsa ya
EXCURSION PROGRAM SAINS MTs SUNAN AMPEL PARE
EXCURSION PROGRAM SAINS MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) SUNAN AMPEL PARE ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Hikmah Farm di Pare Pada hari Jum’at, 11 Oktob
PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs Sunan Ampel Pare oleh Ibu Hj. Nurul Faiqoh, M.Pd.I pada Selasa, 15 Oktober 2024 Pada hari Selasa, 15 Oktober 2024, Pukul. 08.30 WIB MTs
RIHLAH ENTREPRENEUR TIM JURNALISTIK MAJALAH AR-ROHMAN
RIHLAH ENTREPRENEUR TIM JURNALISTIK MAJALAH AR-ROCHMAN MTs SUNAN AMPEL PARE TAHUN PELAJARAN 2024/2025 Pada hari Ahad, 6 Oktober 2024, tim jurnalistik majalah Ar-Rohman yang t